News Update :

Menyempurnakan iman kristiani sesuai 2 petrus 1:5-7

Kamis, 22 Agustus 2013

     Apa itu iman? secara Alkitabiah iman didefinisikan di Ibrani 11:1 yg berbunyi "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yg kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yg tidak kita lihat"
Iman (bahasa Yunaniπίστιν— pisti) adalah rasa percaya kepada Tuhan. Iman sering dimaknai "percaya" (kata sifat) dan tidak jarang juga diartikan sebagai kepercayaan (kata benda).

    Apa yg perlu ditambahkan kedalam iman kita? mari kita baca 2 petrus 1:5-7 
setelah membaca ayat tersebut bisa kita gambarkan sebagai berikut

IMAN
I
KEBAJIKAN
I
PENGETAHUAN
I
PENGUASAAN DIRI
I
KETEKUNAN
I
KESALEHAN
I
KASIH AKAN SAUDARA-SAUDARA
I
KASIH AKAN SEMUA ORANG


Mari kita ungkap apa yg ingin disampaikan rasul Petrus dr ayat ini

1. Menurut rasul Petrus, kita harus menambahkan kepada iman kita "Kebajikan" dan apa itu kebajikan? menurut alkitab terjemahan sehari hari kebajikan diterjemahkan dengan "hidup yg baik" jadi disini, kita diberitahu bahwa jika kita beriman, kita harus hidup dalam kebaikan atau melakukan hal-hal yg baik. Jadi jgn ngaku-ngaku beriman ya kalo masih melakukan hal jahat dan tidak melakukan hal baik

2. Beriman tidak hanya cukup dengan berbuat baik bro, tapi kita juga perlu menambahkan kepada iman kita "pengetahuan". bisa dibilang ini ada hubungannya dengan Amsal 1:7 yg berbunyi takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan. nah jadi rasul Petrus mau mengajarkan kepada kita: suatu kebohongan jika kita mengaku beriman kalo kita ga punya pengetahuan bro. 

3. Udah melakukan kebaikan dan punya pengetahuan ga cukup jadi tolak ukur iman kita coy, menurut rasul Petrus kita jg harus punya "Penguasaan diri" loh. Bisa dibilang iman kita cuma ada di level 3 dari 8 level jika kita belum bisa menguasai dan mengendalikan diri kita.

4. Apa lg yg kita butuhin selanjutnya? rasul Petrus bilang selanjutnya kita harus punya "ketekunan". kalo di alkitab bahasa inggris sih ditulis steadfastness yg arti'a ketabahan. wuih harus tabah bro jd orang beriman.

5. kalo udah baik, udah punya pengetahuan, bisa mengendalikan diri, udah tekun, terus masih kurang? iya bro masih kurang, kita jg harus punya yg namanya "Kesalehan''. kalo alkitab terjemahan sehari-hari nerjemahin dengan kata "hidup menurut kemauan Allah''. nah loh, ribet kan jd orang beriman? hidup harus sesuai kemauan Allah loh, bukan kemauaan kita, jd yg ngaku beriman tp hidup'a maumaunya sendiri, renungin lg bro kita beneran beriman apa iman-imanan 

6. udah saleh masih jg ga cukup? belum cukup bro, kata rasul Petrus kita jg harus "kasih terhadap saudara-saudara'' dr alkitab terjemahan sehari-hari, saudara-saudara disini bukan cuma saudara sedarah bro, tp maksud'a itu saudara-saudara seiman.

7. Nih last nih, kalo udah bisa mengasihi saudara-saudaran kita jg harus mengasihi SEMUA ORANG. hellow semua orang loh, berarti termasuk saudara beda iman, musuh musuh kita jg loh. poko'a kita harus mengasihi Semua orang tanpa terkecuali

nah buat temen-temen semua, udah tau kan kalo iman tanpa perbuatan itu mati? jadi biar iman kita ga mati, yuk kita lakuin apa yg diajarin rasul Petrus diatas.

So, jgn ngaku beriman kalo belum melakukan perkara perkara diatas yaa :) God bless us
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright tarihorannaburju 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.