News Update :

My FB

www.facebook.com/septurado.tarihoran.1

My Twitter

https://twitter.com/doradotarihoran

Formula 1 News

"FIX ini CINTA" (Lika liku jatuh cinta dengan wanita lebih tua)

Selasa, 30 Agustus 2016



Setelah sekian lama ga nulis, akhirnya terdorong buat nulis tulisan ini. Ini adalah tulisan gue tentang proses jatuh cinta paling ribet gue sama seorang wanita, kenapa ribet? karena banyak pertimbangannya. Sebagai seorang anak yang taat pada aturan dan adat di keluarga batak, gue di doktrin untuk jatuh cinta dan mencari pasangan yang sama sama batak (entah ini doktrin yang baik atau buruk). Gue termasuk pria yang sangat mudah tertarik sama wanita, gue bisa suka sama wanita dari hal hal yang sederhana (mulai dari senyuman misalnya, bahkan gue bisa dibuat tertarik sama tingkah bodoh seorang wanita). Biasanya  gue paling tertarik sama wanita yg cerdas dan punya wawasan luas, gue jg tertarik sama wanita yang punya paras dan tingkah yg lucu, dan sebenarnya gue adalah seorang yang pria yang ga pernah mau punya pasangan yang umurnya lebih tua dari gue, sekalipun suka paling bertahan beberapa hari doang abis itu ga suka lg. Gue juga termasuk golongan pria yang berubah jd bodoh ketika berhadapan sama wanita yang gue suka *kalo ketemu cewe yg disuka biasanya gue langsung malu malu dan jadi bego sesaat*  

Jadi intinya, tulisan ini gue buat karena cemen dan takutnya gue buat ngungkpin perasaan atau istilah anak muda sekarang “Nembak” wanita yang udah lama banget gue suka, seorang wanita dengan inisial “Werista Rulita Nainggolan” alias “Rista” (hahahaha itumah bukan inisial ya :D. Sampai tulisan ini dibuat, doi adalah anak pertama dari 3 bersaudara, umurnya 26tahun (2,5tahun lebih tua dari gue), dan seperti yang udah gue tulis diatas ini jadi suatu masalah buat gue. 
Btw, Kenapa gue takut nembak dia? Gue bukan takut ditolak sama dia, gue justru takut diterima dan nanti pacaran, lalu dalam waktu dekat gue harus nikah sama dia :’( (karena wanita seumuran dia apa lagi anak pertama pasti udah dituntut nikah sama orang tuanya). Jangan salah sangka, Gue takut nikah bukan karena masih mau main main dan ga mau nikahin dia, cuma gue masih blm siap dalam semua hal untuk menikah dalam waktu dekat (ini sungguhan), karena gue takut masa muda gue terrenggut (gabisa nongkrong lagi), gue takut kebebasan gue terampas (pulang kantor gabisa lama lama lg) dan gue takut kalo nanti harus hidup berdua sama istri gue *hahaha kalo yg ini Cuma alesan* karena yang paling gue pikirin itu, kalopun harus nikah mungkin 2-3 tahun lg adalah waktu paling cepet untuk gue bener bener siap nikah, dan melihat umur dia yang udah 26, sangat riskan buat dia kalo harus nunggu 3 tahun dan menikah di umur 29, karena menurut gue itu udah ketuaan 

Oke, secara fisik dia emang bukanlah wanita yang masuk kategori cantik, wajahnya biasa biasa aja, tapi senyum, ketawa, dan pembawaannya itu loh yang sangat menarik, istilahnya “kalo liat dia senyum, bisa bikin dengkul lemes” hahahaa

Awal mula gue tertarik sama dia waktu kami lagi latihan paduan pemuda di gereja, saat itu jam udah lewat setengah 11 malem dan latihan masih harus diulang sekali lagi, waktu pelatih kami bilang “ulang sekali lg ya” doi langsung pasang ekspresi muka mengeluh gitu, tp menurut gue mukanya saat itu sangat lucu dilihat :D.
Awalnya gue merasa itu Cuma tertarik biasa aja, sampai saat suatu hari ada acara pemuda gereja kebetulan dari pagi sampe sore dan saat itu kami mengunjungi pos pelayanan pemuda di sebuah daerah di batam namanya Muka Kuning. Saat itu gue belum bisa nyetir mobil dan kebetulan gue numpang di mobil doi dan karena didalam mobil itu isinya cewek semua, gue doang yang cowo tp gabisa nyetir, yaudah jadinya gue disetirin sama doi dan kebayangkan malunya gue? Udah cowo sendiri, disetirin pul :’( dan pulang acara itu, pas sampe di kostan gue terbayang bayang sama canda, tawa dan obrolan bersama dia selama sehari itu *ohiyaa kejadian inilah yg membuat gue termotivaasi untuk belajar nyetir mobil hahaha*setelah kejadian itu kalo lg sendirian gue sering terbayang bayang sama mukanya yang ceria, gue suka senyum senyum sendiri kalo liatin foto dia, bahkan beberapa kali sempet mimpiin dia :D maka dari  itu gue bisa bilang kalo “FIX, ini CINTA” 

Setelah gue merasa kalo emang gue jatuh cinta sama dia, beberapa kali gue beranikan diri ngajak dia jalan dan nonton berdua. Awalnya responnya positif dan kami jalan, tapi setelah nonton justru ada setan yang merasuki otak gue dan mengintimidasi gue dengan “perbedaan usia” dan bayang bayang “Nikah Muda” L emang dasar setan, setelah itu gue mikir mikir dan takut buat deketin dia lagi.
Setelah beberapa lama ga gue deketin, setiap gue liat dia gue ngerasa malah mgerasa makin suka, gue justru sering ngerasa kangen sama dia,malah sempet gue berani buat macarin dia dan terpikir dibenak gue “Klo emang Tuhan maunya dia buat gua, perbedaan umur  berarti apa? Ga jadi masalah seharusnya” . setelah itu mulai lah gue deketin dia lagi dan sempet jalan lagi dan waktu itu ke pantai (walaupun ga berdua), setelah jalan itu gue semangat deketin dia lagi, tp emang sial yang namanya setan ga akan tenang kalo liat kita senang, gue ditakut takutin lg dan mulai ngebayangin kalo nanti nikah sama dia pasti ga enak hidup ga bebas, mulailah gue mikir mikir dan males lagi deketin dia, dan yaaa gitu terus sampe sekarang, kalo disitu hati gue yaa gue deketin, kalo ga disitu hati gue yaa ga gue deketin, dan karena hal ini gue mengira dia ngerasa kaya gue main main deketin dia, karena akhir akhir ini entah dia emang sibuk entah dia udah males sama gue, setiap gue ajak keluar ada aja alesannya. Setelah dia banyak alesan, gue mulai dapet kesimpulan kalo “Banyak pertimbangan dalam proses pendekatan hanya akan membuat kita kehilangan gebetan”dan mulai saat itu udah gue putusin untuk ga deketin dia lagi. 

Tapi beberapa hari lalu waktu di kamar gue ga ada kerjaan dan seperti biasa bayang bayang mukanya meracuni pikiran gue dan gatau kenapa gue iseng liat foto Whatsapp dia, dan jeng jengggggggg....... sial gue jatuh cinta lagi, kepikiran deketin lagi, hahahaha cape sih sebenernya gitu gitu terus. Tp mau gimana lg begitulah gue.
Setelah beberapa kali gajelas lalu melihat dari lamanya gue tertarik sama dia yang notabene lebih tua dari gue, maka gue makin yakin kalo emang benar “FIX ini CINTA”.

Sekarang yang ada di otak gue untuk gue lakuin Cuma 2, pertama gue ilangin bayang bayang dirinya dan tuntasin rasa dengan nembak dia lalu terima segala resikonya, atau gue tulis di blog sebagai pertanda dan supaya dia tau kalo gue pernah sangat lama menyukainya :D 
 
Dan keputusan yg gue ambil? Seperti yang udah kalian baca, gue memilih menulis blog ini dan membiarkan rasa suka sama diaa ini ada dan akan tetap ada sampai seterusnya sambil berharap mana tau suatu saat gua dan dia jadi kaya lagunya style voice “Marokkap dung matua” :D HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHHAHAHAHAHHHAHAA


sebagai bonuss ini foto kami berdua
 cocok kan? hahahaahahaha

dan ini foto whatsapp dia yang bikin gue jatuh cinta lg akhirakhir ini
Lucu kan? bayangin dong doi umurnya udah 26 tapi pake style anak remaja umur 13 masih tetep asik kan diliatnya? itu lah kenapa gue suka sama dia :3 :3 hahahahaha

Menjadi Teladan Kristus

Selasa, 02 September 2014

Syallom sobat terkasih, balik lagi mau sedikit share dan kali ini topik sharing yang mau gue angkat tentang teladan Kristus. Kita sebagai anak Tuhan pasti udah sering kan denger kalimat "kita harus jadi teladan Kristus".
muncul sebuah pertanyaan, Kenapa sih kita harus ikutin teladan Kristus? jawabannya ada di 2 Petrus 2:21 "Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya"
Tuh, kalo kita ngaku anak Tuhan, kita harus mengikuti teladan Tuhan Yesus karena memang sudah menjadi panggilan kita sebagai anak Tuhan.

Nah kemudian muncul pertanyaan baru, apa sih yang mau kita teladani dari sosok Yesus Kristus? Jawaban simplenya sebenernya "Semua hal yang Tuhan Yesus lakukan yang harus kita teladani" tapi disini gue mau lebih mendetailkan 3 hal apa aja yang harus kita teladani dari sosok Kristus sang Juru Selamat kita yang gue ambil dari 2 Petrus 2:18-25

Kita masuk intinya sob, ada 3 hal yang mau kita teladani dari Tuhan Yesus, yaitu:
Hal pertama yang mau kita teladani dari Tuhan Yesus ada di ayat 19 "Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung."

1. Kita harus menanggung penderitaan yang sebenarnya tidak harus kita tanggung, atau bisa dikatakan kita harus menanggung penderitaan yang bukan karena kesalahan kita
Pernah ga sih sob kita menanggung sesuatu yang sebenernya bukan karena kesalahan kita, atau kita dihukum walaupun bukan kita yang melakukan kesalahan? kalo pernah, jangan ngeluh sob, karena sebagai anak Tuhan memang terkadang kita harus mengalami hal seperti itu, contohnya Ayub dan Tuhan Yesus
     Ayub dia sangat setia sama Tuhan, tapi dia tetep harus mengalami suatu penderitaan yang amat sangat luar biasa, gimana ga luar biasa dia yang tadinya orang kaya tibatiba harus kehilangan Keluarga, Harta dan sahabat-sahabatnya. Tp ayub tetap setia kepada Allah.
     Sosok Tuhan Yesus memang 100% Allah dan 100% Manusia, tapi dibalik 100% kemanusiaan Tuhan Yesus, hanya Dosa lah yang tidak Ia lakukan. Tapi walaupun tidak melakukan dosa, Tuhan Yesus mau menderita di kayu salib demi menebus dosa dosa kita.
So, kalo nanti kita mengalami Penderitaan yang sebenarnya ga harus kita tanggung, jangan ngeluh sob, apa lagi sampe nyalahin Tuhan. kalo kita mengalami itu, nikmati aja karena memang kadang kita harus mengalami hal kaya gitu. karena kalo kita mengalami hal tersebut dan kita tetap setia sama Tuhan, maka kita akan dapat upah yang sangat luar biasa. Jadi, Tunjukin kalo kita bukan anak Tuhan yang biasa biasa, tp kita anak Tuhan yang luar biasa B-)

Hal kedua yang mau kita teladani dari Tuhan Yesus ada di ayat 22 "Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya."

2. Kita harus menjadi teladan dari cara hidup kita, kita harus "Hidup Kudus" dan Kita ga boleh berbuat dosa dan tidak boleh berbohong atau berdusta
kenapa kita harus hidup kudus? karena di 1 Petrus 1:15-16 yang berbunyi "(15) tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, (16) sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus." disitu sudah ditulis jelas kita harus kudus sebab Tuhan Yesus adalah Kudus
gimana cara kita hidup kudus? kita harus BERGAUL dengan Allah dan menjalin hubungan yang intim denganNya. caranya? ya perbanyak waktu kita buat bergaul sama Tuhan lewat saat teduh, doa puasa dan doa malam kita.
So, kalo ngaku anak Tuhan, kita harus hidup kudus sob, dan jangan lupa kita juga tidak boleh berbohong, karena kata lagu anak SKM jelas dikatakan kalo bohong bohong bohong itu dosa :D
Ingat, kita harus tegas "Jangan Kompromi sama dosa".

Hal ketiga dan terakhir yang mau kita teladani dari Tuhan Yesus ada di ayat 23 "Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil."

3. Tidak membalas atau penguasaan diri
Tuhan Yesus dicaci, dimaki, diludahi, dicambuk, dan disiksa dalam bentuk lainnya, tapi apa yang Tuhan Yesus lakukan? membalasnya? tidak sama sekali, Tuhan Yesus tidak membalas apa yang orang lakukan terhadap diriNya, dia mampu menguasai diriNya. kenapa Tuhan Yesus bisa melakukan hal itu? karena Tuhan Yesus tau siapa diriNya dan apa misiNya datang kedunia ini.
Sob, penguasaan diri dapat kita lakukan ketika kita tau siapa diri kita, ingat kita sudah ditebus oleh darahNya yang sanagat mahal, kita telah diselamatkan oleh sebab itu status dan identitas kita juga sudah berubah. dan ketika identitas kita telah dirubah, maka cara berpikir, berperilaku dan bebicara kita juga harus dirubah.
ketika kita dihina, kuasai diri kita untuk tidak membalas dan belajarlah untuk memberkati orang yang menghina kita
ketika kita disakiti, kuasai diri kita untuk tidak membalas menyakiti. ingat jika pipi kirimu ditampar maka berikan pipi kananmu. jangan balas menyakiti, tapi belajarlah mendoakan dia yang menyakiti kita
kalo dulu kita ada masalah kita cari pelampiasan duniawi, sekarang coba deh belajar ketika ada masalah kita cari Tuhan, maka Dia akan memberi jalan keluar dari setiap masalah kita  
sob, ingetkan kalo penguasaan diri itu 1 dari 9 buah buah roh? untuk itu penguasaan diri sangat penting untuk kita teladani dari Tuhan Yesus


Nah, itu tadi 3 hal yang harus kita teladani dari sosok Tuhan Yesus sang Juruselamat manusia. Semoga tulisan ini bisa menjadi berkat buat kita semua dan selamat menjadi pelaku Firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati 

Menyikapi Talenta

Rabu, 13 Agustus 2014

Syallom guys, pada kesempatan ini gue mau nulis secara singkat bagaimana kita sebagai orang Kristen menyikapi talenta yang diberikan Tuhan kepada kita. Sebelum kita masuk ke intinya masih pada inget kan perumpamaan yang diberikan Tuhan Yesus tentang talenta yang ditulis di Matius 25:14-30? kalo masih inget selanjutnya gue mau share dulu nih apa sih arti dari talenta itu sebenernya..

menurut wikipedia, pengertian  talenta adalah ukuran timbangan di Timur Tengah pada zaman Alkitab sebesar 3000 syikal (sekitar 34 kilogram). Dalam zaman Perjanjian Baru satu talenta merupakan ukuran jumlah uang yang sangat besar nilainya, yaitu enam ribu dinar (Matius 18:24, Matius 25:15-28). tapi banyak kita yang mempunyai mindset kalo talenta itu adalah karunia berwujud kemampuan atau keahlian dalam suatu bidang atau biasa disebut "bakat alam"


Nah sekarang kita mau belajar dari matius 25:14-18
Oke kita masuk ke ilustrasi:
"Jika anda punya uang 100rb dan 2 kawan anda mempunyai masing-masing 500rb dan 1juta, maka logikanya siapakah yang akan menyisihkan uangnya untuk ditabung? tentu yang punya uang lebih banyak bukan? tapi di perumpamaan dalam Matius 25:14-18 justru hamba yang mempunyai talenta yang paling sedikitlah yang menyimpan talentanya dan tidak menggunakannya."

Bagaimana realitanya?
"banyak manusia yang bukan termasuk dalam multitalent, mereka hanya memiliki 1 keahlian. seharusnya mereka dapat mengembangkan talenta mereka untuk menjadi ahli pada 1 bidang tersebut, tp pada kenyataannya justru banyak mereka yang memiliki 1 talenta tidak melakukan apa-apa, mereka tidak mengembangkan dan menggunakan talenta mereka, sehingga sia-sialah talenta mereka. bahkan yang lebih menyedihkan, banyak dari mereka yang iri pada orang orang yang tergolong multi talent."

Apa yang seharusnya dilakukan?
"yang seharusnya kita lakukan sebagai orang Kristen, sekalipun kita hanya mempunyai 1 talenta , kita harus bisa mengembangkan talenta kita itu semaksimal mungkin dan memakainya untuk memuliakan Allah dengan cara kita pakai dalam pelayanan. misal kita memiliki suara yang merdu, kita bisa pakai untuk menjadi WL, atau Song Leader di gereja. atau jika kita bisa memainkan alat musik, bisa kita pakai untuk menjadi seorang pemusik di gereja dan di persekutuan lainnya, maka kemuliaan Allah akan dinyatakan lewat talenta kita"

So, Jangan mengeluhkan apa yang tidak bisa kita lakukan, tapi bersyukurlah atas apa yang bisa kita lakukan. Jangan iri terhadap apa yang dipunyai orang lain, tapi arahkanlah fokus kita pada apa yang kita punya. Itulah yang bisa kita lakukan terhadap talenta kita.

Sekian yang bisa gue share tentang talenta, semoga menjadi berkat bagi kita semua.. amin
Tuhan Yesus memberkati kita semua

buat bonus, bukan buat pamer atau apa cuma mau share aja kebetulan posenya lagi keren hahaa

ini saat gue pelayanan jadi pemusik di acara ret-reat gereja :)



 ini saat gue jadi WL di ret-reat gereja juga :D




Nah kalo yang ini gak lagi pelayanan, cuma lagi gaya-gayaan aja nyanyi di gereja hehehe



Konsekuensi jika menjual iman Kristiani (Murtad)

Selasa, 05 Agustus 2014

     Syallom guys, pada kesempatan kali ini gue mau share konsekuensi bagi kita orang kristen jika kita menjual iman kita, atau yang biasa disebut sama saudara tetangga dengan sebutan "murtad", wew serem yee pembahasannya. baydewey kenapa gue tulis blog ini dan ambil topik ini? karena gue melihat makin banyak anak anak Tuhan yang pindah kepercayaan atau menjual iman dan keselamatan mereka demi sebuah jabatan, atau seorang kekasih atau alasan duniawi lainnya. makanya gue merasa perlu menulis blog ini biar setiap kita yang membaca tulisan gue ini terberkati dan makin yakin untuk mengatakan "TIDAK" pada murtad,wehehehe..... oke sebelumnya sekarang kita liat dulu apa sih definisi murtad itu. cekidot broo...
  • menurut wikipedia, Kemurtadan dalam kekristenan mengacu pada penolakan Kekristenan oleh seseorang yang sebelumnya adalah seorang pengikut perjuangan Yesus. Istilah Apostasy berasal dari kata Yunani apostasia ("ἀποστασία") yang berarti pembelotan, pemberontakan atau pemberontakan. Istilah ini juga digambarkan sebagai "sengaja keluar, atau memberontak melawan kebenaran Kristen.
  • Dalam pandangan teologi umum, murtad juga diartikan sebagai melepas iman Kristen demi sebuah nafsu, keinginan, kepuasan, ambisi, dan kekuasaan duniawi yang dianggap tidak setia mengikut perjuangan Yesus.

     oke dari definisi terakhir diatas, gue mau ambil pelajaran dari Esau, pada tau kan Esau itu siapa? Esau adalah saudara yakub yang punya hak kesulungan dan menjual hak kesulungannya kepada saudaranya yakub. yaa emang sih Esau gak murtad dan menjadi gak percaya pada Allah, tp coba kita liat ibrani 12:16-17 yang berbunyi "(16) Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan. (17) Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.."



dari ayat diatas gue mau ambil kesimpulan, Esau udah menjual "Warisan" paling berharga yang diberikan kepada dia, dia menjual hak kesulungan demi sepiring makanan. nah, apa hubungannya dengan murtad? menurut gue, ketika kita jual iman kita, kita jual keselamatan yang udah diberikan secara cuma-cuma sama kita, itu berarti kita udah menjual "Warisan" yang paling berharga yang Allah berikan kepada kita, sama seperti Esau yang menjual hak kesulungannya.

masuk ke topik utamanya, apa sih konsekuensinya kalo kita udah menjual iman kita? dari ibrani 12:16-17, ada beberapa konsekuensi yang kita terima ketika kita menjual iman kita

(16) Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan. (17) Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.."
  1. Ditolak: kita akan ditolak oleh Allah, kalau kita sudah menjual kita maka kita akan ditolak oleh Allah. ngeri kan brooo? makanya jangan sampe kita murtad biar kita gak ditolak Allah
  2. Tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahan: gue pernah denger kotbah seorang pendeta yang bilang: "bila kita udah menjual iman kita dan pindah agama, maka pintu maaf telah tertutup bagi orang itu" nah ayat ini juga bilang kita gak akan dapet kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kita, bahkan sampai kita mencucurkan air mata kita gak akan dapet kesempatan untuk memperbaikinya.
ngeri kan sob 2 konsekuensi buat orang yang udah murtad atau menjual iman kepercayaan kita pada Tuhan Yesus? So, Masih mau murtad bro? kalo gue sih enggak.......
 Jadi buat kita semua yang ga mau ditolak oleh Tuhan dan Tidak mendapat kesempatan untuk tobat, yuk ah sama sama kita yakinin untuk "Say NO to MURTAD"
Semoga tulisan gue menjadi berkat untuk kita semua yaa. Tuhan Yesus memberkati kita

5 Manfaat Nyata Membaca Alkitab (Firman Tuhan)

Senin, 14 Juli 2014



         Syallom guys, menurut kalian ada gak sih manfaat dari membaca Firman Tuhan? Pasti ada dong yaa, bukan Cuma ada, tp baca Firman Tuhan itu “banyak” manfaatnya. tapi pernah gak sih kita berpikir kalo membaca Firman Tuhan itu banyak manfaatnya, tp kenapa banyak orang kristen yang justru kurang tertarik untuk membaca Alkitab? Banyak orang kristen yang justru lebih menyukai membaca novel, tabloid, buku humor, dan banyak buku lainnya.

         Disini saya bukannya bilang kalau membaca buku-buku selain alkitab itu dilarang, bukan. Tapi ada baiknya kalau buku tentang duniawi aja kita bisa senang membacanya, kenapa buku tentang kebenaran yaitu Firman Tuhan justru tidak kita senangi untuk kita baca? Walaupun dirumah ada alkitab, di gadget kita pun ada alkitab elektronik, tp tetap saja masih banyak orang kristen yang kurang tertarik untuk membaca Firman Tuhan.

Oke itu aja pendahuluannya yaa, dan pada tulisan kali ini saya mau berbagi tentang beberapa manfaat yang kita dapat dari membaca Firman Tuhan, semoga saja setelah saya bagikan manfaat-manfaat ini bisa menambah ketertarikan kita untuk membaca Firman Tuhan, yaa semoga saja

         Kalau kita baca dari keseluruhan alkitab, maka manfaat membaca Firman Tuhan itu amat sangat banyak, maka saya akan lebih mengkhususkan manfaat dari membaca Firman Tuhan yang saya ambil dari Mazmur 119

Menurut mazmur 119 ada 5 hal yang saya pelajari yang menjadi manfaat kita jika kita membaca Firman Tuhan, apa aja ke 5 hal tersebut? Cekidot sob...
1.   
                       1.  Mazmur 119:92 (Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku.)
Manfaat Firman Tuhan yang pertama, Firman Tuhan bisa menghindarkan kita dari kebinasaan akan kesengsaraan sob, wuih canggih gak tuh? Makanya sob, ayoo timbulkan kegemaran atau kesenangan untuk membaca Firman Tuhan, biar kita terhindar dari kebinasaan akan kesengsaraan

2.                2. Mazmur 119:99 (Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.)
Manfaat yang kedua dari membaca Firman Tuhan, kita bisa mendapatkan hikmat kecerdasan yang memberikan kita akal budi yang lebih ketimbang orang-orang yang tidak membaca dan merenungkan Firman Tuhan sob. 

3.             3.  Mazmur 119:105 (Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku)
Ayat ini pasti udah gak asing lagi lah yaa di telinga kita, soalnya kan ada juga lagunya 
manfaat ketiga dari kita yang membaca Firman Tuhan, Firman Tuhan menjadi  pelita  bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita. Kebayang kan gimana kalo kita berjalan dalam kegelapan tanpa penerangan? Pasti kita akan tersandung dan terjatuh. Nah, kalo mau kaki kita diterangi dan jalan kita diterangi, yuk ah rajin membaca Fiman Tuhan

4.             4.  Mazmur 119:165 (Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka)
Nah kata yang dipakai disini adalah “mencintai” sob, coba deh pasti kita punya orang yang kita cintai kan? Bisa Orangtua, Istri, Suami, Pacar, dll. Pasti kita care banget kan sama orang yang kita cintai itu, mungkin kita setiap hari akan rindu untuk berkomunikasi sama orang yang kita cintai itu. Nah kalo kita mencintai Firman Tuhan, kita juga harus setiap hari sob rindu membaca Firman Tuhan
Pas baca ayat ini, saya merinding. Kenapa merinding? Karena kalo kita “mencintai” Firman Tuhan, hidup kita bakalan tentram dan hidup kita gak ada batu sandungannya. Tuh yang mau hidupnya tentram dan gak ada batu sandungannya, maka cintailah Firman Tuhan.

5.            5.  Mazmur 119:176 (Aku sesat seperti domba yang hilang, carilah hamba-Mu ini, sebab perintah-perintah-Mu tidak kulupakan.)
Manfaat terakhir yang kita dapatkan jika kita membaca Firman Tuhan adalah, Hubungan kita dengan Tuhan akan dipulihkan sob, kita yang udah sesat kaya domba yang hilang, akan dicari Tuhan.

        Nah, udah saya bagikan 5 manfaat dahsyat yang bisa kita dapat dari membaca Firman Tuhan, masih mau malas baca Firman Tuhan? Kalo saya sih, udah ga mau malas baca Firman Tuhan, abisnya manfaatnya dahsyat banget buat hidup saya J
Okee, sekian yang bisa saya bagikan tentang 5 manfaat dari membaca Firman Tuhan, semoga menjadi berkat untuk kita semua dan bisa menambah ketertarikan kita untuk membaca Firman Tuhan yaa guys. Tuhan Yesus memberkati kita

3 Hal yang harus dilakukan dalam mempersiapkan diri untuk menjadi mempelai wanita Tuhan Yesus


  Syallom guys, udah lama ga nulis tiba tiba dapet inspirasi untuk nulis di blog lagi. kali ini saya mau berbagi bagaimana cara kita mempersiapkan diri kita untuk menjadi mempelai wanita Tuhan Yesus saat Tuhan Yesus datang ke 2kali ke dunia. Sebelum lebih jauh, kita semua pasti udah tau kan, kalo kita anak anak Tuhan itu dipilih Tuhan Yesus untuk menjadi mempelai wanitaNya? Nah disini saya mau membagikan apa yang harus kita lakukan sebelum Tuhan Yesus menjemput kita sang mempelai wanitaNya nanti.
Sebelum mempelajari hal-hal diatas, kita harus tau dulu kalo dalam sebuah pernikahan itu biasanya ada sebuah mahar yang harus dibayar, dan sebelum masuk ke akad nikah kedua mempelai melakukan sesuatu yang dinamakan tunangan. Nah sekarang kita bahas dulu yuk, kedua hal tersebut.

         1.MAHAR
Ngomong-ngomong tentang pernikahan, udah pada tau kan kalo dalam pernikahan itu ada yang namanya "Mahar"? yaa kalo orang batak sih nyebutnya "Sinamot". Biasanya mahar ini berbentuk nominal uang yang harus dibayar pihak mempelai pria ke pihak keluarga wanita. pada umumnnya Jumlah mahar yang harus dibayar biasanya ga murah coy sampe jutaan rupiah, puluhan juta, atau ratusan juta, bahkan ada yang sampai milyaran rupiah seperti mahar judika ke istrinya duma.
Tuhan Yesus yang adalah mempelai pria kita Dia juga membayar mahar loh buat kita, apa sih mahar yang dibayar Tuhan Yesus buat kita? Ga tanggung-tanggung sob, Tuhan bayar kita dengan mahar darahNya, nyawaNya, atau hidupNya. Mahal ga tuh mahar dari Tuhan? Mahal banget, itu mahar yang gabisa dinilai dengan uang

        
2.TUNANGAN
Sebelum masuk ke yang namanya akad nikah, pasangan yang mau menikah mengadakan yang namanya “Tunangan” betul kan sob? Iyaa betul..
Nah ada perbedaaan nih antara budaya kita dengan budaya yahudi tentang pertunangan, apa bedanya? Nih saya kasih tau perbedaannya.

*Budaya kita : Kalo budaya kita biasanya setelah deal berapa nilai mahar, akan ditentukan tanggal pernikahannya, dimana pernikaannya, berapa jumlah undangan, dll. Nah setelah semua selesai dibahas, maka keduanya kembali kepada orangtua masing-masing

*Budaya Yahudi: Nah kalo budaya yahudi, mereka juga membicarakan maharnya dulu, tapi bedanya setelah deal mahar, mereka tidak membahas kapan tanggal pernikahan kedua pasangan tersebut, setelah deal si mempelai pria kembali ke bapanya dan si wanita tetap bersama orangtuanya, lalu gimana tanggal pernikahannya? Yang tau kapan tanggal dilaksanakannya pernikahannya hanylah Ayah dari si mempelai Pria.
Itupun yang dilakukan Tuhan Yesus, setelah membayar mahar kepada kita dengan darah dan nyawaNya, Ia kembali kepada Bapa disurga dan hanya Bapa disurga lah yang tahu kapan Tuhan Yesus akan menjemput kita untuk menjadi mempelai wanitaNya. (matius 24:36 “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri”)

Udah mengerti kan tentang kedua hal diatas? Kalo udah mengerti mari kita katakan Amen :D so, kalo ada yang ngaku ngaku tahu kapan Tuhan Yesus datang kedua kali, jangan percaya itu SESAT, karena Malaikat aja gatau, bahkan Tuhan Yesus sendiri aja gatau, apa lagi manusia biasa, yaa nggak?
Oke kalo udah mengerti kedua hal diatas, kita masuk ke intinya guys, kita bahas apa aja yangharus kita lakukan sebelum Tuhan Yesus dating menjemmput kita para mempelai wanitaNya? Ada 3 hal utama yang harus kita lakukan, apa aja 3hal itu? Cekidot brooo…
  1. Yuk mari kita buka Kidung agung 1:15 (Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau, bagaikan merpati matamu.)
Kenapa disitu disebut mata merpati? Kenapa gak mata elang, atau mata burung gagak atau mata burung lain? Jawabannya adalah karena mata burung merpati itu mempunyai keistimewaan guys, apa keistimewaan mata burung merpai? Karena mata burung merpati itu hanya “Fokus pada pasangannya”. Burung merpati itu hanya akan memandang kearah pasangannya, mereka ga peduli disekitarnya ada burung-burung lain yang lebih cantik atau lebih menarik, mereka akan tetap focus memandang kearah pasangan mereka masing-masing
So, apa yang harus kita lakukan dan kita pelajari dari burung merpati? Kita harus terus focus sama pasangan kita yaitu Tuhan Yesus, focus aja untuk menyenangkan Tuhan Yesus, jangan tergoda dengan hal-hal duniawi yang terlihat lebih menarik dan menggiurkan.

  1. Biasanya dalam budaya Yahudi, wanita yang akan menikah itu belajar make up dan mempercantik diri mereka karena si tunangan pria dating umumnya pada malam hari. Bayangin deh kalo si wanita gabisa make up terus tiba-tiba malem-malem si pria datang menjemput dan si wanita belum make up, gak mungkin kan si wanitanya ke tukang make up malem malem :D. Selain itu, wanita biasanya akan luluran, iyaa mereka akan membuang semua kotoran atau daki daki dikulit mereka.
Nah, apa hal kedua yang mau kita pelajari dan kita lakukan? Kita sebagai mempelai wanita Tuhan Yesus, kita harus mempercantik diri kita guys, apa maksudnya mempercantik diri? Yaa kita harus mempercantik roh kita, karakter, kepribadian, tutur kata dan cara berpikir kita. Jangan lupa juga kita harus luluran sob, maksudnya luluran apa? Iyaa kita harus buang kotoran kotoran, daki daki di diri kita, kita harus buang segala dosa dosa kita yang ga berkenan di hadapan Tuhan.

  1. Dalam budaya yahudi, diluar kamar wanita harus dikasih pelita yang menyala, kenapa pelitanya harus tetap menyala? Karena kalo pelitanya padam, maka mereka akan batal untuk menikah. Sepele banget kan sob gara-gara pelitanya padam aja rencana pernikahan bisa batal gitu aja. Makanya, kalo ga mau batal jadi pasanganNya Tuhan Yesus, pelita kita juga gaboleh padam sob. Inget kana apa perbedaan 5 gadis bijak dan 5 gadis bodoh? Iyaa perbedaan mereka ada di “persediaan minyak” yang mereka miliki
Yang terakhir yang mau kita pelajari dan kita lakukan, yuk mari sama-sama jangan biarkan “Pelita” kita padam, dan jangan sampai juga persediaan minyak kita habis. Makanya selama masih punya kesempatan, bakar terus roh kita dengan Rajin beribadah, Melayani Tuhan, dan jangan lupa untuk memuji Tuhan dan Membaca Firman Tuhan setiap hari sob.

Nah pada mau jadi mempelai wanitaNya Tuhan yang akan dijemput Tuhan Yesus kan? Kalo mau, jangan lupa yaa guys apa yang saya bagikan ini kita aplikasikan didalam hidup kita sehari-hari. itu aja yang saya bisa bagikan untuk kita semua, semoga menjadi berkat untuk kita, selamat menjadi pelaku Firman Tuhan, Tuhan Yesus memberkati 

Football News

 

© Copyright tarihorannaburju 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.