News Update :

Menyikapi Talenta

Rabu, 13 Agustus 2014

Syallom guys, pada kesempatan ini gue mau nulis secara singkat bagaimana kita sebagai orang Kristen menyikapi talenta yang diberikan Tuhan kepada kita. Sebelum kita masuk ke intinya masih pada inget kan perumpamaan yang diberikan Tuhan Yesus tentang talenta yang ditulis di Matius 25:14-30? kalo masih inget selanjutnya gue mau share dulu nih apa sih arti dari talenta itu sebenernya..

menurut wikipedia, pengertian  talenta adalah ukuran timbangan di Timur Tengah pada zaman Alkitab sebesar 3000 syikal (sekitar 34 kilogram). Dalam zaman Perjanjian Baru satu talenta merupakan ukuran jumlah uang yang sangat besar nilainya, yaitu enam ribu dinar (Matius 18:24, Matius 25:15-28). tapi banyak kita yang mempunyai mindset kalo talenta itu adalah karunia berwujud kemampuan atau keahlian dalam suatu bidang atau biasa disebut "bakat alam"


Nah sekarang kita mau belajar dari matius 25:14-18
Oke kita masuk ke ilustrasi:
"Jika anda punya uang 100rb dan 2 kawan anda mempunyai masing-masing 500rb dan 1juta, maka logikanya siapakah yang akan menyisihkan uangnya untuk ditabung? tentu yang punya uang lebih banyak bukan? tapi di perumpamaan dalam Matius 25:14-18 justru hamba yang mempunyai talenta yang paling sedikitlah yang menyimpan talentanya dan tidak menggunakannya."

Bagaimana realitanya?
"banyak manusia yang bukan termasuk dalam multitalent, mereka hanya memiliki 1 keahlian. seharusnya mereka dapat mengembangkan talenta mereka untuk menjadi ahli pada 1 bidang tersebut, tp pada kenyataannya justru banyak mereka yang memiliki 1 talenta tidak melakukan apa-apa, mereka tidak mengembangkan dan menggunakan talenta mereka, sehingga sia-sialah talenta mereka. bahkan yang lebih menyedihkan, banyak dari mereka yang iri pada orang orang yang tergolong multi talent."

Apa yang seharusnya dilakukan?
"yang seharusnya kita lakukan sebagai orang Kristen, sekalipun kita hanya mempunyai 1 talenta , kita harus bisa mengembangkan talenta kita itu semaksimal mungkin dan memakainya untuk memuliakan Allah dengan cara kita pakai dalam pelayanan. misal kita memiliki suara yang merdu, kita bisa pakai untuk menjadi WL, atau Song Leader di gereja. atau jika kita bisa memainkan alat musik, bisa kita pakai untuk menjadi seorang pemusik di gereja dan di persekutuan lainnya, maka kemuliaan Allah akan dinyatakan lewat talenta kita"

So, Jangan mengeluhkan apa yang tidak bisa kita lakukan, tapi bersyukurlah atas apa yang bisa kita lakukan. Jangan iri terhadap apa yang dipunyai orang lain, tapi arahkanlah fokus kita pada apa yang kita punya. Itulah yang bisa kita lakukan terhadap talenta kita.

Sekian yang bisa gue share tentang talenta, semoga menjadi berkat bagi kita semua.. amin
Tuhan Yesus memberkati kita semua

buat bonus, bukan buat pamer atau apa cuma mau share aja kebetulan posenya lagi keren hahaa

ini saat gue pelayanan jadi pemusik di acara ret-reat gereja :)



 ini saat gue jadi WL di ret-reat gereja juga :D




Nah kalo yang ini gak lagi pelayanan, cuma lagi gaya-gayaan aja nyanyi di gereja hehehe



Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright tarihorannaburju 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.